Monday, November 11, 2013

Anak Baru Gede atau Anak Sudah Gede

Ketika kita mendengar istilah ABG, maka yang ada dalam benak kita adalah kata "galau", "manja", "cinta", "SMU", "Anak Mama", dan seabreg istilah lainnya yang jarang kita kaitkan dengan kata "Tanggung Jawab", "Mandiri", "Dewasa", dan kosakata positif lainnya. ABG sendiri merupakan singkatan dari "Anak Baru Gede" yang biasa kita gunakan untuk menyebut seseorang yang berusia diantara 12 - 21 tahun. Bisa dikatakan, seseorang mulai disebut ABG ketika dia sudah memasuki umur baligh.

Baligh berarti sampai. Yaitu sampai pada tahap kedewasaan. Usia baligh pada wanita terjadi lebih awal dibandingkan dengan pria. Pada wanita, usia baligh terjadi sekitar umur 9 tahun, sedangkan pada pria, umur baligh terjadi sekitar umur 15 tahun. Namun, pada jaman yang serba bebas ini, umur baligh cenderung terjadi lebih dini, baik pada pria maupun wanita.

Ada beberapa tanda-tanda baligh,
yang pertama adalah tercapainya usia yang sempurna, pada wanita umur minimal 9 tahun dan pada pria umur 15 tahun. Kemudian yang kedua adalah mimpi basah. Lalu yang ketiga adalah haid pada wanita. Ketika seseorang telah menemui satu dari tanda-tanda itu, maka sudah dipastikan dia sudah memasuki usia baligh. Segala dosa dan pahala sudah ditanggung oleh dirinya sendiri.

Seseorang yang sudah baligh berarti dia sudah dewasa. Maka hak dan kewajibannya pun sama dengan orang dewasa, mulai dari mencari nafkah untuk dirinya, menentukan suatu pilihan, mengerjakan perintah-perintah agama, dan yang lainnya. Sungguh sangat ironi apabila kita perhatikan para ABG, diusianya yang sudah baligh, namun mereka tetap diperlakukan seperti anak kecil oleh orangtuanya.

Apabila kita berkaca kepada orang-orang terdahulu, kita akan menemukan manusia bernama Usamah bin Zaid yang sudah berperang pada umur 15 tahun dan menjadi panglima perang pada usia 17 tahun. Kita juga bisa menemukan seorang sultan dengan julukan Muhammad Al-Fatih yang berhasil menaklukan Konstantinopel pada umur 21 tahun. Tak ketinggalan, Seorang Imam Syafi'i yang sudah menjadi Mufti Makkah pada umur 15 tahun! Bisa disebut, mereka berkarya pada usia ABG. Sedangkan, apa karya ABG jaman ini?

Untuk melihat keadaan anak ABG jaman ini, caranya mudah. Cukup search di google dengan kata kunci "anak ABG". Jreeeeeng,,,,,, maka lihat hasilnya. Saya tidak akan membahasnya di sini, cukup anda yang membuktikan. :D

Akhirnya, Ini menjadi PR bagi kita semua. Bagaimana caranya agar kita bisa mengubah citra ABG menjadi ASG, atau "Anak Sudah Gede". Seseorang yang sudah mempunyai tanggung jawab penuh terhadap dirinya. Seseorang yang sudah seharusnya tau yang benar dan yang salah. Bagaimana cara kita mengonversi istilah "manja" menjadi "dewasa", mengonversi istilah "anak mama" menjadi "panglima", istilah "galau" menjadi "memukau" dan istilah-istilah lainnya pada usia-usia awal baligh.

Mari pikirkan bersama solusinya.... :D

No comments:

Post a Comment