Thursday, November 1, 2012

install wordpress




Buat yang suka ngeblog, bisa juga kita mendesain blog atau web kita secara offline, yaitu lewat localhost. Bisa pake joomla, wordpress, atau lainnya. Tujuannya, biar bisa modif web atau blog kita secara offline (biar biaya gak bengkak) hehe. Lebih cepat juga, soalnya gak tergantung kecepatan koneksi internet. Di sini saya mencoba untuk menginstall  wordpress di laptop saya :D
      Nah, amunisi yang diperluin:
           1. Xampp installer (buat databasenya)
      2. Wordpress installer
Cara yang pertama adalah menginstall xampp



Klik next à sampai bertemu kotak dialog dibawah, centang “install Apache as service” dan “install MySQL as service”, lalu klik install



Akan muncul kotak seperti di bawah, menunggu agak lama, tak masalah.


Setelah itu, klik finish.



Install xampp selesai. Aktifkan xampp hingga tampilannya seperti ini



Kemudian langkah berikutnya adalah menginstall wordpress.
Caranya adalah kompres file wordpress-3.3.1. Kemudian buka filenya dan ubah file “wordpress”, ganti namanya jadi nama yang kita inginkan. Di sini saya menggunakan nama “muhammadrezza”




Kemudian buka file “muhammadrezza”, di sana ada file “wp-config-sample”. Buka dan edit file tersebut. 



Isikan database sesuai dengan yang kita inginkan. Di sini saya memasukan nama database dengan “dbmuhammadrezza”. Isilah username database dengan “root” dan password kita kosongkan.



Save dengan mengganti nama dari “wp-config-sample” menjadi “wp-config”.



Setelah itu copy file “muhammadrezza” ke local disk (C:) – program files – xampp – htdocs.



Langkah selanjutnya adalah menyetting database di phpmyadmin. Caranya buka browser, dan buka localhost/phpmyadmin. Klik databases à klik create new database à isikan sesuai dengan yang kita isi di atas à klik create.



Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat username di wordpress. Caranya buka localhost/muhammadrezza (sesuai nama file yang kita copy sebelumnya)/wp-admin/install.php. isikan data-data sesuai keinginan kita. Kemudian klik “install wordpress”



Ok, login dan anda bisa mulai memodifikasi wordpress anda. Selamat berkreasi :D


No comments:

Post a Comment